tinta sebagai solar sel

Sel Solar sebentar lagi akan dapat diproduksi lebih murah lagi dengan menggunakan partikel  nano “tinta” akan dicatkan pada sisi gedung atau atapnya untuk menyerap listrik yang diproduksi sinar matahari.

Brian Korgel, seorang insinyur kimia padaUniversitas Texas di Austin, mengaharapkan untuk memangkas biaya sepersepuluh dari harga mereka sekarang dengan menggantikan standard proses pabrikasi untuk sel – sel  solar disposisi fase gas pada ruang vakum, yang membutuhkan suhu tinggi  dan relative sangat mahal.

“Hal ini sangat esensial dengan apa yang dibutuhkan untuk membuat teknologi sel – sel solar dan  photovoltaics secara luas untuk diadopsi,” kata Korgel. “Matahari menyediakan sumber energi hampir tanpa batas, tetapi keberadaan energi solar yang menghasilkan beberapa teknologi menjadi penghalang yang sangat mahal dan tidak dapat diselesaikan dengan bahan baker fosil.”

Hampir lebih dari dua tahun, Korgel dan timnya telah berusaha pada biaya rendah pabrikasi dari solusi bahan nano hingga photovoltaics – atau sel solar. Korgel bekerja sama dengan profesor Al Bard dan Paul Barbara, keduanya dari Department Kimia dan Biokimia, serta Profesor Ananth Dodabalapur dari  Departemen Teknik Listrik dan Komputer. Baru – baru ini mereka memperlihatkan bukti konsep mereka yang diterbitkan baru – baru ini pada Jurnal American Chemical Society.

Tinta ini dapat dicetak pada berrol – rol proses pencetakan pada sebuah substrat plastic atau stainless steel. Dan prospek untuk bias dapat mengecatkan “tinta” ini pada atap rumah atau gedung tidaklah dibuat – buat.

“Anda hanya perlu mengecat bahan yang menyerap sinar dan juga beberapa lapisan lainnya,” kata Korgel. “Hal ini selangkah maju ke arah sel solar yang dapat dicatkan.”

Korgel menggunakan bahan nano yang menyerap sinar, yang mana 10,000 kali lebih kecil ketimbang helai rambut, karena ukuran mikrokospis mereka memperbolehkan untuk  property fisik baru yang dapat memudahkan peralatan dengan efisiensi tinggi.

Pada tahun 2002, dia pimpinan yang mendirikan sebuah perusahaan bernama Innovalight, berpusat di California, yang memproduksi tinta – tinta dengan menggunakan silicon sebagai dasarnya. Sekarang ini, Korgel dan timnya sedang menggunakan copper indium gallium selenide atau CIGS, yang keduanya murah dan ramah terhadap dampak lingkungannya.

“CIGS mempunyai beberapa keuntungan diatas silicon,” jelas Korgel. “Ini merupakan semikonduktor langsung pita pembatas, yang berarti bahwa anda perlu sedikit sekali bahan untuk membuat sel solar, dan itu merupakan salah satu potensi terbesar keuntungannya.”

Timnya telah mengembangkan prototype sel solar dengan efisiensi sekitar satu persen; bagaimanapun, mereka perlu sekitar 10 persen.

“Jika kita sampai 10 persen, lalu pasti ada potensi nyata untuk komersialisasi,” kata Korgel. “Jika ini berhasil, Saya pikir anda dapat melihat benda ini akan digunakan dalam tiga atau lima tahun.”

Dia juga mengatakan bahwa tinta ini, yang mana semi-transparan, dapat membantu merealisasikan prospek mempunyai jendela yang berfungsi ganda sebagai sel solar. Korgel mengatakan pekerjaannya  telah menarik minat rekanan dari industrial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s