Kenali Lebih Jauh Air Yang Anda Minum

Ada beragam air minum dalam kemasan (AMDK) yang beredar di pasaran mulai dari air mineral, beroksigen, destilasi, sparkling water, spring water juga isotonik. Lalu air manakah yang sebenarnya baik untuk Anda? Simak ulasannya berikut ini.

AIR MINERAL Air mineral adalah air yang berasal dari sumber air bawah tanah yang tersimpan diantara lapisan bebatuan. Air ini mengandung beberapa jenis mineral, yang larut ke dalam air akibat perjalanan air dari lapisan bumi sampai permukaan. Sebelum sampai ke konsumen, air ini disterilkan dulu dan dikemas ke dalam botol galon, botol kemasan kecil, dan gelas dari plastik.

SPRING WATER Berasal dari sumber air yang membentuk kolam atau aliran air di permukaan bumi, kandungan mineralnya lebih sedikit dibandingkan air mineral.

AIR DESTILASI Air yang diperoleh dengan teknik destilasi, yaitu dengan cara memanaskan air hingga menjadi uap, kemudian menyuling kembali uap air tersebut hingga menjadi air murni. Bisa dibilang, air destilasi adalah air tanpa kandungan mineral tetapi bisa diminum dan tidak membahayakan tubuh. SPARKLING WATER Jenis air yang satu ini mengandung gas, umumnya gas CO2. Memang, ada jenis sparkling water, yang memang sudah mengandung gas dari sumber alamiahnya. Namun, kebanyakan produk sparkling water yang terdapat di pasar adalah air mineral yang diolah dengan cara diberi gas (carbonated mineral water).

AIR BEROKSIGEN Adalah air minum yang dibuat secara khusus, dengan tekanan dan suhu tertentu, yang memungkinkan air itu mampu menangkap oksigen lebih banyak. Air beroksigen dan air biasa sebenarnya sama, hanya saja kandungan oksigen yang terkandung di dalam air beroksigen lebih banyak dari air biasa.

AIR ISOTONIK Air jenis ini adalah air dengan osmolaritas (kandungan zat terlarut) yang setara dengan darah kita. Air isotonik mengandung elektrolit dan karbohidrat sederhana, seperti glukosa dan fruktosa, yang mudah untuk diserap di dalam usus. Air jenis ini baik dikonsumsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang pada saat berolahraga, kondisi cuaca panas, atau sedang menderita sakit demam atau diare. Lalu, jenis air manakah yang paling baik bagi tubuh kita? Jawabannya: semua jenis air, selama telah diproses sedemikian rupa sehingga layak untuk diminum. Berikut beberapa acuan yang dapat membantu Anda sesuai dengan kebutuhan. * Pilihan terbaik adalah air mineral atau air destilasi (sama saja), karena air adalah penghilang dahaga terbaik yang dibutuhkan tubuh. Air dalam keadaan dingin atau panas tak mengandung kalori, jadi tidak akan menaikkan berat badan. * Bila Anda berolahraga berat selama lebih dari setengah jam dan banyak mengeluarkan keringat, ada baiknya minum minuman isotonik untuk olahraga untuk mengganti cairan dan elektrolit yang keluar melalui pernapasan dan keringat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s